Ibu Hamil Flu!!!

4:09 PM Dewi 2 Comments

Aduh... udah hampir seminggu pilek nih. Gara-gara cuaca yang panas-ujan, ditambah ac kantor yang super dingin, dan lingkungan skitar kantor yang hampir semuanya flu. Malah aku sempet anget waktu weekend lalu.

Tapi aku kekeuh gak mau minum obat. Karena dari yang aku baca di milis asiforbaby dan milis sehat, flu itu gak ada obatnya. Penyebab flu adalah virus yang obatnya cuma daya tahan tubuh kita sendiri dan akan sembuh sendiri. Bahasa kerennya self limiting desease. Apalagi, ibu hamil kan gak boleh sembarangan minum obat karena akibatnya gak cuma ke ibu tapi juga ke babynya. Kan kasian baby...

Untuk mengurangi penderitaan, aku coba home treatment sendiri di rumah.

Waktu demam, aku banyak minum teh manis anget. Balurin seluruh tubuh dengan minyak kayu putih, tidur dengan jaket tebal dan tanpa ac. *maaf yah Pepi, tidurnya jadi gerah...* Alhamdulillah, bangun tidur dengan berkeringat dan badan udah gak anget lagi.

Batuknya, aku minta dibikinin teh anget ditambah madu dan jeruk lemon. Hmmm... manis-manis-asem. Lumayan lho, tenggorokan yang udah gatel banget dan kalo dibiarin bisa jadi batuk dahak rasanya jadi lega. Sekarang masih batuk sedikit, tapi gak parah-parah banget. Seringnya sih batuk karena keselek karena gak bisa napas lega gara-gara pilek. Diperbanyak minum aer anget deh. Makanya aku juga lagi menghindar minum es. Harusnya gorengan juga dihindarin, tapi susah banget. Jadi cuma dikurangin aja makan gorengannya.

Untuk pilek, aku coba uapin dengan aer panas yang ditaro di baskom dan ditetesin minyak kayu putih. Enak sih, rasanya napas lega. Bagus juga buat kulit, karena pori-pori jadi kebuka. Bisa ngobatin jerawat hormonal ibu hamil juga nih kayaknya.

Alhamdulillah, walo belum sembuh bener dan idung masih suka buntu tapi udah lebih mendingan. Emang sih, sembuhnya gak secepat yang minum anti biotik tapi dijamin gak ada efek sampingnya. Jadi, baik untuk ibu dan bayi dikandungan.

2 comments:

Ayu HUSODO said...

Halo mbak...gimana flu-nya..? Minum air jeruk baby setengah gelas tiap pagi bisa bantu bikin daya tahan tubuh ibu hamil tetap terjaga...mudah2an semua lancar ya...

Dewi said...

alhamdulillah udah sembuh nih. Abis curhat di blog besokannya udah enakan. Thx yah masukannya. Jeruk baby enak tuh...