Martyr & Flash Card

11:25 AM Dewi 7 Comments

Aku udah beli flash card dari sebelum punya anak. Malah udah baca buku "Mengajar Bayi Membaca" sejak belum hamil. Tapi flash cardnya gak yang mahal, cukup beli di Gramedia. Murah dan sama aja sih kayak yang mahal dan mengaku dapet lisensi dari Glenn Doman (aku pernah ikut presentasi produknya, tapi gak beli)

Aku mulai ajarin Martyr waktu Martyr usia 2 bulan. Kecepetan yah. Tapi waktu itu aku masih cuti dan bingung mau ngisi waktu ngapain lagi buat Martyr. Dan, amazing waktu usia Martyr 6 bulan, Martyr udah bisa lho sedikit-sedikit membaca flash card-nya.

Tapi yang namanya bayi membaca, gak seperti kita lho. Karena mereka kan belum bisa berkomunikasi dengan lancar. Jadi yang dimaksud dengan membaca, misalnya kita ambil dua kartu bertuliskan "BOLA" dan "BUKU" dan kita tanyakan yang mana "BUKU" anak akan ambil kartu bertuliskan "BUKU". Atau kita minta anak kita ambil kartu bertuliskan "BOLA" diantara setumpukan kartu dan anak dapat mengambil kartu yang tepat. Kira-kira seperti itu bayi membaca

Martyr punya 2 jenis flash card. Flash card yang cuma tulisan warna merah doang disatu sisi (spt metode Glenn Doman) dan flash card yang ada gambarnya.

Kalo flash card yang Glenn Doman aku pake bener-bener untuk belajar. Gak aku kasihin ke Martyr untuk dipegang-pegang. Jadi cuma dikeluarin untuk dibacain sekitar 1-2 menit, trus aku langsung masukin kelemari. Jadi flash card yang seri ini masih rapi dan bagus banget. Sengaja aku gak kasih karena menurut Glenn Doman, agar melatih otak kanan anak. Kalo anak sampe megang dan mengamati lebih dari 5 detik, nanti anak akan menganalisa bacaan yang dimaksud. Dan kalau udah menganalisa artinya udah masuk ke bidang otak kiri. Untuk jelasnya baca deh buku Glenn Doman, aku juga udah agak-agak lupa. hehehe.

Flash card yang ada gambarnya bole dimaenin sama Martyr. Sekarang udah pada keriting deh.

Ada juga dot card metode Glenn Doman untuk belajar matematika. Perlakuannya sama dengan flash card yang pertama. Yang ini aku kurang rutin melatih Martyr.

Sekarang Martyr udah 16 bulan, masih lanjut belajar flash card-nya. Tapi aku juga gak netapin target musti bisa dan tes Martyr secara berkala. Mengalir aja dan sambil isi waktu. Daripada Martyr muter-muterin rumah gak jelas yang bikin pusing.

7 comments:

Anonymous said...

Salam kenal Bunda Marty,
aku skrng lagi semangat2nya nge-flash card my little princess nich dan baca tulisan Bunda jadi bikin tambah semangat :)
mampir ke http://bayipintar.wordpress.com ya, ditunggu masukan dan komen positipnya ama tukerin link yukk :D

Dewi said...

Hellow... ayo tetep semangat.... Beneran lho bukan sulap bukan sihir. Our baby can read. tapi dng cara mereka sendiri yah... ayo kita tukeran link...

vthree said...

aku jadi terinspirasi jg nih mbak... Rayhan dah 5 bln, blm terlambat kan ? tp skrg dia lagi suka masukin semua yg bisa dipegangnya,ntar flashcard nya digigitin semua ma rayhan.. gmn ya mbak caranya? dulu martyr suka gitu jg ngk? mohon sharing nya ya mbak... tq

btw, blog nya boleh aku link ya mbak...

Dewi said...

Halloo... gak ada kata terlambat buat belajar kok. Usia 5 bulan emang masuk fase oral kan. Jadi emang smua dimasukin ke mulut. Makanya aku gak kasihin kartunya untuk dipegang. Cukup di flash masing2 kartu 1 detik aja. Jadi gak lama dan gak ada kesempatan anak utk pegang2 kartunya...

Thx yah udah link...

Anonymous said...

In it something is. Many thanks for the help in this question.

Anonymous said...

Yes, I understand you. In it something is also thought excellent, I support.

Anonymous said...

[url=http://ebiteua.com/forum74-prostitutki-vinnitsy-i-oblasti.html]Prostitutki Vinnitca[/url]