Jalan Jauh Bawa Anak??? Hayyookk Ajjjaaahhh...

9:00 PM Dewi 0 Comments

Alhamdulillah, Martyr slalu ku ajak kemana aku pergi. Dan alhamdulillah juga gak pernah yang namanya BT, kerepotan dan kejadian aneh-aneh selama di perjalanan, baik jauh atau dekat. So far, paling jauh Martyr udah ke Bali by plane waktu usia 5 bulan. Dan terakhir ke Yogya, usia 14 bulan, naek mobil sendiri.

Sedikit tips untuk persiapan bawa anak diperjalanan jauh, menurut pengalaman ku:
1. Siapkan makanan & minuman & susu
Jangan pernah skip jam makan anak. Kalo emang jam makan, tetap kasih makan anak. Pengalaman ku dan sepupu ku, selama anak kenyang mereka gak akan rewel. Jangan lupa bawa snack kesukaan anak buat cemal-cemil ngabisin waktu atau ngalihin perhatiannya kalo lagi gak bisa diem. Untuk baby dibawah 6 bulan, siapkan susu atau nursing apron agar selalu siap nyusuin dimana aja.

2. Bawa baju ganti dan diaper yang ditaro di tas tangan, diluar koper



3. Bawa mainan, bantal atau buku kesukaan anak. Kalo perlu, pindahin kamar ke dalam mobil. Waktu ke Yogya kemaren, aku siapin perlak, bantal, selimut, boneka, bola, buku di bangku belakang khusus untuk Martyr. Jadi selama 14 jam perjalanan Jakarta-Yogya, Martyr masih bisa berkegiatan seperti biasanya dan gak ngerasa bosan.

4. Usahakan kegiatan travelling jangan mengganggu waktu istirahat anak

Happy travelling!!!

0 comments: