Q and A : Salam Kenal dan Mhn tanya : Lahiran Alami vs Caesar

8:26 PM Dewi 0 Comments

Dari milis ayahbunda-online

Question
From: "i@centrin. net.id"
To: Ayahbunda-Online@ yahoogroups. com
Sent: Wed, November 11, 2009 4:43:28 PM
Subject: [Ayahbunda-Online] Salam Kenal dan Mhn tanya : Lahiran Alami vs Caesar

Dear Mommy semua,

saya D,
umur 32 thn sekarang,
Ibu Rumah Tangga aja,
lagi hamil 30 minggu sekarang setelah 5,5 tahun menunggu 'si kecil' (hamil pertama sekarang),
salam kenalan ya....

Saya lagi bingung sekarang,
nanti mau lahiran alami atau caesar,
ada yang bilang caesar lebih baik dan nyaman karena daripada udah jalankan alami tapi 'gak berhasil' alias stop di tengah jalan dan kudu caesar juga,
ada yang bilang alami aja,
kok kayaknya anjuran tiap orang beda-beda,

saya jadi kepikiran dan agak susah tidur sekarang jadinya,
jadi saya pengen tanya pengalaman Mommy baiknya bagaimana,
kalo dokter saya baik , dia prefer coba alami dulu kalo ga bisa baru apa boleh buat dicaesar,

menurut mommy bagaimana ya ?

Aku badannya kecil,
148 cm dan 49 kg sekarang (udah naik 10 kg dari sebelumnya).

Trims ya untuk sharing dari mommy semua


SAlam,
D


Answer
From: Dewi
To: Ayahbunda-Online@yahoogroups.com
Sent: Sun, November 15, 2009 7:01:55 PM
Subject: Re: [Ayahbunda-Online] Salam Kenal dan Mhn tanya : Lahiran Alami vs Caesar

Dear Mba D...
Bisa kok mba walau badan mungil tapi melahirkan normal. Contohnya saya. Perawakan saya gak jauh beda sama mba, dan berhasil normal.

Yang penting, kata obgyn saya, bayi gak bole terlalu besar soalnya 'tempat keluar'nya kan juga gak besar. Jadi lah dari usia kehamilan 7 bulan saya musti diet. Gak bole makan yang manis-manis karena targetnya maks bb bayi waktu lahir +- 3 Kg. Malah waktu 9 bulan gak bole minum susu lagi karena BB bayi udah cukup besar.

Alhamdulillah saya melahirkan bayi yang sehat BB 2.95 dan TB 49 dng cara normal. Saya juga belajar hypnobirthing. Salah satu poin penting dari hypnobirthing, a.l santai dan yakin bisa melahirkan dng mudah.

Udah konsul dng obgyn belum mba??? dan bilang dari awal kalo mau melahirkan normal, jadi dokter bisa kasih advise.

HTH

0 comments: