Kebiasaan Kurang Baik Untuk Bayi

3:14 PM Dewi 2 Comments

Ternyata banyak kebiasaan yang dibawa sejak orang tua kita dulu untuk bayinya kurang baik untuk perkembangan bayi itu sendiri. Aku udah tau beberapa waktu lalu, tapi baru nemu alesan medisnya dari detikcom dengan narasumber Dr Karel Staa - DSA RSPI (Thx to Ajeng).

Membedong dan memakaikan gurita hambat nafas bayi
Konon ikatan gurita akan mengencangkan dan mencegah perut kembung pada bayi. Dan bedong berguna agar tali pusar bayi yang baru lahir tidak lepas sewaktu-waktu.

Padahal bayi bernafas lebih cepat dibanding orang dewasa, dan ikatan gurita di perutnya akan membuat nafasnya tersendat. Sementara bedong tidak punya pengaruh apa-apa. Justru bayi bernafas dengan bantuan perut, dan bedongan akan mengakibatkan sesak.

Bedak dan minyak telon bahaya bagi bayi
Pemakaian bedak, minyak telon, kayu putih dan pewangi berbahaya untuk kesehatan bayi di akan datang karena partikel yang terkandung berbahaya jika dihirup bayi. Produk tersebut dapat membahayakan fungsi paru-paru.

Kulit bayi juga belum berfungsi, jadi bila ditutupi produk tersebut pori-pori tidak dapat bernafas. Kulit bayi seharusnya dibiarkan apa adanya, kecuali ada indikasi medis seperti iritasi dan harus dengan anjuran dokter.

Hmmm... ternyata banyak juga yah kebiasaan yang sebenernya gak perlu kita lakuin. Tapi kayaknya kurang sreg kalo gak kita jalanin. Apalagi kalo mikir, "dulu kita juga dibedong, pake gurita, dibedakin, tapi sehat-sehat aja tuh sampe skarang". Di tambah lagi kalo orang tua ikut bantuin ngasuh bayi kita, dan susah untuk nerimanya. Jadi ibu emang bener-bener gak mudah!!!

2 comments:

it's me said...

eh..ada nama gw di blog loe..hihihi...iya nih ternyata produk yang bikin bayi harum khas bayi itu tidak selamanya aman yah..hmmm...ayo wi qta lebih banyak menggali informasi sebelom brojol...hehehe...

oya,ttg dotty di blog gw pasti loe gak tertarik deh wi...secara itu adalah kucing tetangga gw..gak demen kan loe??!! hehehehe....hidup kucing!!

Dewi said...

hehehe... iya nih, lagi semangat banget nyari info soal baby. Lumayan deh, daripada boring di kantor...

anw, kucing kan membawa tokso ajenggg... loe pasti udah tau kannnn... itu salah satu sebab gue sebel sm kucing. bawa penyakit. tapi kucing tetangga loe bulunya lucu bisa diri gitu. emang di apartemen bole miara binatang???