Eat Your Colour Everyday

2:16 PM Dewi 0 Comments

Untuk memenuhi nutrisi harian, setiap orang harus mengonsumsi minimal 5-7 jenis warna makanan per hari. Zat warna makanan tersebut biasa disebut fitokimia dan masing-masing warna memiliki manfaat bagi kesehatan.

Merah: likopen, kapsaisin
Manfaat: antioksidan, pelindung pembuluh darah, tulang rawan dan serabut otot, sumber vit A dan E
Contoh: stroberi, ceri, semangka, tomat, apel, anggur, cabai merah, ikan tuna

Jingga: alfa dan beta karoten, falkarinol
Manfaat: antioksidan, meningkatkan produksi sel darah putih, pendongkrak sistem imun, menjaga kesehatan mata dan kulit
Contoh: labu kuning, wortel, pepaya, jeruk, mangga, ikan salmon

Kuning: xantofil, lutein, beta kriptoxanthin, zeaxanthin
Manfaat: antioksidan, sumber vit A, menjaga kesehatan mata, meningkatkan produksi pigmen retina
Contoh: jagung manis, pisang, pir, alpukat, nanas, keju, kentang, kuning telur

Hijau: khlorofil, glukosinat
Manfaat: penguat sel tubuh, melepas zat racun dari hati dan aliran darah, penguat sel otak, penenang, membantu produksi sel darah merah, penguat sistem imun.
Contoh: brokoli, buah kiwi, bayam, kacang polong, apel hijau, paprika

Biru atau coklat: fikosianin, antosianin
Manfaat: memicu produksi sel darah putih dan merah, meningkatkan sel imun, antioksidan, anti radang, pelindung sel otak, sumber selenium dan zat besi
Contoh: blueberry, ganggang spirulina sp, beras merah, gandum, kismis

Ungu: antosianin
Manfaat: antioksidan, mencegah peradangan, melindungi sel otak dan pembuluh darah, menngkatkan kemampuan penglihatan di malam hari
Contoh: plum, pune, ubi jalar, terong, anggur ungu, bit raspberry

Putih: tidak berpigmen
Manfaat: sumber serat, sumber vit C, meningkatkan sistem imun, sumber kalsium
Contoh: kentang, bunga kol, lobak, sirsak, sawi putih, toge, bawang putih, leci, daging ayam, susu, putih telur

Hmmm... Martyr hari ini udah makan apa aja yah????
Nasi tim pake ati, bayam, wortel dan tomat. Trus yoghurt plus pisang...
coklat, hijau, jingga, merah, putih, kuning.
Udah 6 warna, alhamdulillah..

Dikutip dari Seri Ayahbunda: Menu Pelangi, 77 Resep Menu Lengkap Gizi dan Fitokimia untuk Bayi dan Batita

0 comments: