Menu Pelangi - Seri Ayahbunda ( * * * )

9:04 PM Dewi 0 Comments



Pertama kali liat buku ini, ngebet banget pengen beli. Isinya tentang warna-warni yang terkandung dalam makanan dan berguna bagi pertumbuhan karena mengandung vitamin, nutrisi dan zat penting lainnya. Dari warna-warni ini minimal setiap hari kita musti memakan 5 sampai 7 warna setiap hari.

Merah: bermanfaat sbg antioksidan , vitamin A, vitamin E, dll
contohnya apel, tomat

Jingga: mendongkrak sistem imun, meningkatkan sel darah putih, dll
contoh wortel, pepaya

dll...

Seri ini juga dilengkapi dengan resep makanan mulai dari mpasi 6 bulan sampai 3 tahun.

Bukunya sendiri bagus buat nambah ilmu dan inspirasi bikin menu si kecil. Sayangnya, dari resep yang ada masih banyak menggunakan susu formula, gula dan garam. Cukup bikin bingung juga kalo ada resep yang menggunakan "3 sendok susu formula", secara Martyr cuma kenal ASI. Tapi harusnya bisa aku duga karena sepanjang buku ini penuh dengan iklan susu formula.

Paling disayangkan kalo redaksi ayahbunda gak tau bahwa gak dianjurkan memakai gula dan garam dimakanan anak-anak, terutama bayi. Karena gula dan garam tidak menambah nutrisi apa pun dan hanya akan menambah berat kerja ginjal. Gula akan membuat anak berpotensi diabetes dan garam akan meningkatkan gejala hipertensi pada anak. Semoga akan ada edisi revisi-nya karena tujuan awal dari buku ini cukup bagus.

0 comments: