Q and A : Lompat-lompat Menyebabkan Hernia Pada Anak???

8:18 PM Dewi 0 Comments

My Question
From: Dewi
To: Sehat milis
Sent: Wed, December 16, 2009 11:20:02 PM
Subject: [sehat] Lompat-lompat Menyebabkan Hernia Pada Anak???

Dear all,
tolong pencerahannya. ..

Anak ku Martyr (16 bulan) lagi senengnya (belajar) lompat-lompat. Dan saya juga rajin ajak main lompat-lompat (mengikuti kangguru, kelinci, kodok). Maksudnya untuk menstimulasi Martyr.

Tapi suami saya melarang. Katanya anak yang terlalu aktif dan banyak lompat-lompat bisa menyebabkan turun berok (hernia). Betulkah itu??? Saya tanya teman kantor saya juga katanya emang begitu.

Sepengetahuan saya yang bisa menyebabkan hernia kalo mengangkat barang yang terlalu berat (melampaui kemampuan).

Sebenarnya apa penyebab anak/bayi hernia???

Ditunggu penjelasannya, karena saya janji sama suami mau cari info soal ini.

Terima kasih sebelumnya.. .

Best Regards,

Dewi


Answer
From: M <**_dr@yahoo.co.uk>
To: sehat@yahoogroups.com
Sent: Thu, December 17, 2009 1:58:37 AM
Subject: [sehat] Re: Lompat-lompat Menyebabkan Hernia Pada Anak???

Ibu Dewi

Hernia yang sering terjadi pada anak adalah hernia skrotalis, masyarakat sering menyebutnya turun berok. Hernia tersebut terjadi karena ada saluran yang menghubungkan antara rongga perut dan skrotum anak (kantong testis). Saluran tersebut pada anak, sebagian besar akan menutup hingga usia 2 tahun. Tidak menutupnya saluran tersebut sebagian besar disebabkan faktor genetik.

Apakah lompat-lompat menyebabkan hernia? Jawabannya: Tidak, penyebab hernia pada anak adalah faktor genetik. Namun apabila seorang anak menderita hernia, hernianya bisa "sering timbul" bila anak tersebut sering menangis atau melompat-lompat. Pada kasus temannya ibu, anak tersebut sudah mempunyai hernia, sehingga bila melompat-lompat atau menangis, hernianya timbul/skrotumnya membesar, dan bila berhenti menangis skrotumnya bisa mengecil kembali.

Selain hernia skrotalis, ada hernia lainnya, yaitu:
1. Hernia diafragmatika. Pada hernia ini biasanya cukup berat, dan bayi lahir mengalami sesak napas. Penyebabnya juga genetik.
2. Hernia umbilikalis : pada anak disebabkan faktor genetik. Pada dewasa : karena faktor kegemukan, riwayat operasi laparotomi, dan sering mengangkat berat.

Hernia bisa terjadi pada anak dan dewasa. kalau pada anak, biasanya berkaitan dengan faktor genetik. Kalau pada dewasa, biasanya berkaitan dengan faktor usia (kakek-kakek) , kegemukan, riwayat operasi perut, atau sering mengangkat beban berat.

Semoga membantu.

F

0 comments: