Martyr: Genious In The Making

8:40 PM Dewi 0 Comments


Okay... judulnya emang lebay.

Tapi emang perkembangan Martyr suka mengagetkan. Harusnya sih gak heran yah, karena menurut penelitian kan 3 tahun pertama usia anak bagaikan spons yang begitu cepat menyerap informasi dan segala macam pengetahuan yang ada di sekitarnya.

Cuma aku amazed aja, gara-gara sore tadi iseng-iseng ngobrol sama Martyr..
"Kak, Monkey artinya apa sih???"
"Monyet"
(Kaget! Okay nebak kali yah, tanya lagi) "Kalo horse?"
"Kuda"
(WOW!) "Chicken?"
"Ayam"
(Bunda Yuli yang ngedengerin jadi ikut penasaran) "Elephant?"
"Gajah"
"Giraffe?"
"Jerapah"

Kami emang gak pernah ngajarin secara intensif bahasa Inggris sama Martyr. Paling diselipin aja sambil nonton, browsing atau baca buku. Mungkin juga karena Martyr hobi banget nonton DVD Brainy Baby-Animals From Ape to Zebra. Dari 11 DVD Brainy Baby emang yang satu itu yang tiap hari ditonton. Martyr hobi berat sama binatang. Sering nonton Animal Planet juga. Oh ya, kalo browsing biasa di www.starfall.com. Ternyata yang iseng-iseng ngisi waktu aja diserap dengan luar biasa yah.

Kenapa gak diajarin bahasa Inggris aja sejak dini? Karena aku takut Martyr bingung kalo bilingual. Pengalaman anak temen yang dibiasakan bilingual, malah mengakibatkan speech delay karena bingung. Baru bisa ngomong umur 2,5 tahun deh. Gak semua anak punya kecerdasan bahasa kan? Pernah nonton di TV juga katanya usia tepat untuk mengajarkan anak bahasa lain selain bahasa ibu adalah 2,5 tahun. Jadi emang berencana dikenalin dikit-dikit pada usia itu. Alhamdulillah sebelum 2,5 tahun udah lumayan vocab-nya.

Selain itu, dirumah dan tetangga juga gak ada yg sehari-hari bahasa Inggris. Kasian aja kalo nanti Martyr terasing sendiri karena gak fasih bahasa Indonesia.

So, what's next? Yah lanjutin yang kemaren-kemaren aja. Gak usah pake target dan maksa. Yang penting happy Martyr dan yang ngasuh. Kalo ada hasilnya alhamdulillah. Mama akan selalu bangga sama Martyr.

0 comments: