Gizi Ibu Hamil Trimester Pertama

9:36 AM Dewi 0 Comments

Berhubung lagi ada waktu *sambil ngelirik tumpukan kerjaan di meja* mau posting dikit tentang gizi apa aja yang dibutuhin ibu hamil di trimester pertama. Buat catetan aku juga biar ga perlu nge-google lagi...

1. Asam Lemak Omega-6 (Asam lenoleat) dan Asam Lemak Omega-3 (Asam Alfa-Lenoleat). Manfaat : Asam lemak omega-6 prekusor pembentukan asam lemak arakidonat (AA). Sedangkan asam lemak omega-3 di dalam tubuh diubah jadi EPA (asam eikosapentaenoat) dan DHA (asam dokosaheksaenoat). AA dan DHA terbukti sebagai lemak dominan penyusun sel-sel saraf dan otak janin. Jenis Makanan : Asam lemak omega-6 misalnya minyak kedelai atau minyak zaitun. Asam omega-3 misalnya ikan salmon, sardin, kembung, tuna, tenggiri, ikan tawas.

2. Asam Folat. Manfaat : Salah satu jenis vitamin B ini berperan dalam proses pembentukan sistem saraf pusat, termasuk otak. Jenis Makanan : Kacang kedelai (tempe, tahu), hati sapi, serelia yang sudah difortifikasi asam folat, sayuran berwarna hijau tua, jeruk, apel dan sebagainya.

3. Vitamin B2 (Riboflavin). Manfaat : Membantu melepas energi dari proterin serta membantu memenuhi kebutuhan protein yang meningkat selama hamil. Jenis makanan : telur dan keju cheddar.

4. Vitamin B 12. Manfaat : 1) Menjaga kerja sel-sel sumsum tulang belakang, sistem saraf dan saluran penceranan. Dengan demikian berbagai sel tubuh janin yang telah terbentuk berfungsi normal. 2) Membantu kelancaran pembentukan sel darah merah. Jenis makanan : produk olahan kacang kedelai tahu dan tempe, susu dan produk lainnya.

5. Vitamin C. Manfaat : 1) Membantu penyerapan zat besi kacang-kacangan, buah serta sayuran. 2) Meningkatkan penyerapan asam folat, mengurangi risiko pre-eklampsia, meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jenis makanan : jeruk, kiwi, blimbing, paprika.

6. Vitamin D. Manfaat : 1) Memperbaiki penyerapan kalsium (Ca) dan membantu keseimbangan mineral dalam darah. 2) Untuk pembentukan tulang dan gigi. Jenis makanan : Ikan salmon, ikan hering dan susu.

sumber

Oke, jadi disimpulkan pada trimester pertama tiap hari di menu harus ada:
1. susu
2. sayuran hijau
3. tempe/tahu/kedelai
4. buah
5. ikan
6. telur

Jadi laper...

0 comments: