Underweight? Menaikkan Berat Badan Dengan Sehat

3:30 PM Dewi 2 Comments

Artikel yang pas banget buat program resolusi tahun 2010 ku: Menaikkan Berat Badan! 5 more kilos everyone!!! In 3 months!!! Wish me a good luck!!!

Nemu di mayoclinic.com, situs kesehatan yang terpercaya. Ditulis oleh Katherine Zeratsky, R.D., L.D. Diterjemahkan secara bebas oleh aku sendiri.

Source: http://www.mayoclinic.com/health/underweight/AN00597

Menaikkan berat badan sama sulitnya dengan menurunkan berat badan. Anda dapat menaikkan berat badan melalui diet dan olahraga. Pasang target berat badan ideal atau bicarakan dengan dokter anda bila tidak yakin. Jangan lupa untuk mengkonsultasikan dengan dokter bila ingin menaikkan berat badan dengan alasan medis.

Cara-cara sehat berikut dapat dicoba untuk menambah kalori ke dalam diet harian anda:
- Tambah frekuensi makan. Makan dengan porsi kecil 5-6 kali lebih baik dibanding 2-3 kali dengan porsi besar.
- Makan makanan yang kaya nutrisi dan bergizi. Sebagai bagian dari diet sehat, tambahkan roti gandum, pasta dan cereal; buah dan sayur; produk turunan susu low-fat; sumber-sumber protein (tempe, tahu, dll); kacang-kacangan dan umbi-umbian.
- Perhatikan juga yang anda minum. Hindari diet soda, kopi, teh atau minuman lain yang rendah kalori dan bernutrisi rendah. Pilih smoothies, jus atau milkshake dengan tambahan susu dan buah segar. Minum 30 menit sebelum atau sesudah makan, bukan pada saat makan, untuk menghindari kenyang sebelum anda selesai makan.
- Tambahkan cemilan tinggi kalori, seperti kacang, selai kacang, keju, alpukat dan buah kering. Tambahkan juga waktu cemilan sebelum tidur, seperti selai kacang, jelly sandwich atau sandwich dengan alpukat, sayuran dengan daging atau keju.
- Padu padan kan. Tambahkan keju dengan roti, sup dengan orak-arik telur; susu non-fat dengan sayuran/daging kukus; dan ayam dengan sup.
- Makan yang manis-manis. Tapi pastikan pilih yang kaya nutrisi seperti muffin, yughurt, fruit pie.

Juga tambahkan jadwal olahraga. Olahraga, terutama latihan yang rutin dapat menaikkan berat badan dengan membentuk otot-otot dan menambah bentuk pada tubuh anda. Olahraga juga merangsang selera makan anda.

2 comments:

mommy-azki said...

wah kita punya masalah serupa mbak, aq pengen menaikkan sekitar 6 kilo nih. ternyata ga enak ya terlalu kurus itu..

boleh dong dicopas tipsnya :)

Dewi said...

monggo mba... smoga sukses yah... aku belum sukses juga nih... hihihi