Rencana Umrah Bareng Martyr

9:32 AM Dewi 4 Comments

Assalamualaikum,

Minggu depan rencananya keluarga Irawan plus mama ku akan ibadah ke tanah suci. Insya Allah resolusi nomor 7 bisa kesampean.

Persiapan sih udah dari bulan Januari. Udah nanya-nanya diforum The Urban Mama juga yang perlu dibawa umrah nanti, mengingat Martyr masih 19 bulan. Kira-kira ini deh menurut para mommies disana yang perlu dipersiapkan:

- Lengkapi vaksin soalnya masih <2 thn, daya tahan tubuh juga belum ok banget. Mungkin bisa minta vaksin flu.
- Banyak minum air putih. Kapan ke sananya? usahakan tidak ke sana pas waktu musim panas.. puanas banget kayak oven gitu loh..
- Yang lain sih mestinya sama seperti menjaga kesehatan ya. Rajin cuci tangan, makan teratur, tidur teratur.
- Coba tanyain dokter, perlu vitamin spt echinachea ngga untuk jaga imunitas. Soalnya mama dan papa pasti banyak aktivitas yang ngajak si kecil yah?
- Kalau di mesjid mendingan cari tempat di dalam mesjid, jangan di berjemur di luar.
- Mental dan tangan, secara bakal gendong terus
- Makanan/minuman/cemilan kesukaan, diantaranya buat dibawa ke mesjid sambil anak nunggu kita sholat.
- Mainan, buat dipesawat dan mesjid
- Stroller (lumayan ngurangin pegel, tapi kalo ke masjidil Harram ngga boleh)
- Gendongan yg nyaman, akan kepake disaat tawaf
- Susu. Kalo intolerant lactose lbh baik bawa susu indo karna susu di sana lactosenya beda sm disini
- Obat-obatan..antimo anak disarankan dibawa karna kita akan terbang selama krg lbh 9 jam (jkt-jed )dan naik bis 4-5 jam (jed-mad ),8 jam ( mad-mek) klo bisa cari airlines yg gak ada transit karna akan jauh lbh cape pengalaman aku umroh transit 5 jam di abu dhabi cape bgt
- Pampers. Harga pampers disana jauuuuuuuuuh lbh mahal
- Baju muslim. Maret di sana lg musim dingin jd jgn lupa jacket..
- Sunblock. Walaupun msm dingin tp klo siang tetep nyengat..
- untuk baju & tas anak, jangan yg ada gambar orang atau gambar binatang ya. Sebagian orang arab menganggap itu haram. Tapi kalo gambar bunga boleh.

Senengnya lagi, dapet banyak temen yg insya Allah akan berangkat umrah dengan toddler masing-masing pertengahan Maret ini. Lega deh, ngerasa gak sendirian.

Bulan lalu, Martyr udah di vaksin flu di dr Toto Wisnu. Kalo untuk meningitis ternyata anak dibawah 2 tahun dan wanita hamil gak diperbolehkan vaksin.

Doakan semoga lancar yah. Mohon maaf kalo aku dan keluarga pernah berbuat, bertutur maupun berketik salah.

Wassalam

4 comments:

it's me said...

yeayy..amin..gw doain lancarrr yaaa...doain bisa nyusul kesana yaaa....heheheh..gw blm sempet cerita ma loe, br qq doank..tp jgn ketawainn yaakk..heheheh....gw dah pk jilbab wi sekarang since feb....doain gw bisa umrah juga dunkkk...aminnn =D..miss u sista!

Dewi said...

What???!!! kaget gue dengernya... Serius... gue udah lama gak buka FB atau MP sih, jadi blum liat foto-foto terbaru loe... Gue pikir loe mau bilang kalo loe hamil lagi... hahaha

Hebat!!! justru jauh di Oz sana hati loe bisa terbuka. Sedangkan gue masih bimbang nih, pulang nanti akan pake atau gak. Smoga pas pulang nanti hati makin manteb deh.

Didoain Jeng, smoga bisa kesana juga.

it's me said...

hahahaha...loe gak bakalan nemu foto gw pake jilbab wi di fb or multiply..emang sengaja gak di upload, blm siap nerima reaksi orang..hahahaha....ntar deh kapan2 kalo emang gak sengaja kefoto...yaaaa...napa jd ngobrol disini ntar gw email deh....

Dewi said...

semalem gue smp sengaja ubek2 fb elo. Even Dimas pun belum tau??? hahaha... pasti reaksi orang2 positif kok Jeng...

Email gue dong... Gue tunggu, tapi jgn ke e-mail kantor. Ke yahoo aja...