Peri Gigi... Cepatlah datang...

9:44 AM Dewi 0 Comments

Martyr udah setaun kok belum tumbuh gigi yah.

Jadi was-was karena anak tetangga yang seumur Martyr dan kemaren-kemaren sama-sama ompong, terakhir ketemu udah tumbuh gigi.

Udah browsing-browsing, kayaknya semua udah dicoba.

Makanan yang kasar. Katanya makanan yang kasar bisa merangsang tumbuh gigi. Sejak 9 bulan, Martyr udah gak mau makan bubur. Maunya nasi. Akhirnya dibikinin nasi lembek, soalnya kalo nasi seperti orang dewasa masih suka keselek. Kasian kan kalo tiga kali setiap hari musti keselek terus. Dikasih nasi kuning, nasi uduk, kacang ijo, roti, mie, dll juga udah bisa. Malah anak tetangga yang baru tumbuh gigi itu belum bisa makan nasi, masih bubur. Dan waktu 17 Agustus kemaren gak bisa makan bubur kacang ijo karena berbutir-butir. Sementara Martyr abis dua gelas.

Konsumsi kalsium. Martyr emang gak minum susu formula atau susu sapi setelah satu tahun. Pernah sih, dicobain susu UHT tapi sedikit aja karena Martyr lebih suka makan. Seringnya UHT ditambahkan buat campuran makanannya kayak puding. Lagian kalsium kan gak cuma dari susu. Bisa dari yoghurt, es krim, brokoli, teri, macem-macem deh dan Martyr suka semua itu. Hampir tiap hari Martyr konsumsi jenis makanan tersebut. Asi juga masih lanjut. Dan dari yang aku pernah baca, komposisi asi akan menyesuaikan kebutuhan bayi mengambil dari cadangan tubuh ibu. Jadi aku yakin asi masih yang paling baik buat Martyr. Kesimpulannya, asupan nutrisi gak ada masalah.

Pertumbuhan Martyr yang lain juga bagus. Berat badan, oke. Sakit, alhamdulillah gak pernah. Motorik bagus dan gak ada yang terlewat, belum bisa jalan tapi sedang titah, rambatan dan pantang semangat belajar jalan terus. Perkembangan otak, mantab banget karena Martyr termasuk bayi yang cerdas (bukan cuma kata mamanya lho, smua tetangga dan sodara juga bilang gitu). Kemampuan bicara juga cepat, Martyr tergolong paling cerewet di antara teman-temannya.

Aku jadi curiga satu faktor. Keturunan. Aku emang udah tanya-tanya ke mertua, tante-tante suami dan kakak ipar, sebagian besar keluarga tumbuh gigi di usia lebih dari setahun. Setidaknya, bisa bikin tenang sedikit. Walo tetep yang namanya was-was masih ada.

Dokter Toto, bilang sih ditunggu aja sampe 14 bulan. Semoga sebelum 14 bulan peri gigi yang baik hati sudah datang.

Ya Allah, jadi kan lah anak hamba Martyr Muhammad Irawan menjadi anak yang sholeh, baik, pintar, cerdas, sehat dan berguna bagi agama. Amin...

0 comments: