Mengaktifkan Otak Kanan

2:03 PM Dewi 3 Comments

Ditranslasikan dari: http://www.ehow.com/how_5445751_develop-right-brain.html

1. Berlatih meditasi
Menenangkan alam pikiran dengan meditasi akan membuat otak kanan lebih sensitif dalam memproses dan menunjukkan informasi.

2. Alihkan dominasi otak kiri dengan menggambar abstrak.
Menggambar abstrak adalah membuat gambar bebas tanpa menganalisa apa yang hendak digambar. Latihan menggambar abstrak secara rutin adalah cara untuk mengaktifkan dan membangunkan otak kanan. Biasanya solusi dari segala permasalahan akan datang ketika sedang menggambar abstrak.

3. Menulis cerita pendek atau buku harian (atau blog).
Ketika mendeskripsikan pengalaman dengan kata tertulis baik itu nyata atau khayalan, otak kanan yang menggambarkan apa yang terjadi. Semakin banyak cerita yang dituliskan, akan semakin berkembang otak kanan.

4. Latihan penggambaran kreatif.
Penggambaran kreatif adalah ketika kita memilih sebuah gambaran yang kita inginkan dalam pikiran kita. Ada juga yang menggunakan penggambaran kreatif ini untuk memperbaiki keadaan yang dialami, misalnya membayangkan diri mereka bertubuh kurus bila mereka ingin menurunkan berat badan. Apapun itu, kita dapat memilih gambaran apa yang ingin kita visualisasikan.

5. Latihan menulis bebas.
Menulis bebas dengan mengambil secarik kertas, sebatang pensil dan mulailah tulis apapun yang mau ditulis. Jangan pedulikan pemenggalan kata, penulisan huruf besar, tulis saja. Otak kanan akan semakin berkembang ketika melakukan menulis bebas.

Tips:
Seringlah mendengarkan musik ketika bekerja. Otak kanan akan menyala dan menampilkan gambaran yang terkait dengan musik.

Peringatan:
Jika terbiasa menggunakan otak kiri, otak kiri akan mengirimkan sinyal protes ketika mencoba untuk mengaktifkan otak kanan. Penting untuk membatasi penggunaan otak kiri selama beraktivitas dengan otak kanan.

3 comments:

wah.. tipsnya itu yang susah..
di tempat kerja ga boleh nyalain musik...

Dewi said...

kan bisa pake earphone

Jika anda suka menulis dan membuat blog serta berdomisili di Jawa Barat,
ikutilah lomba blog Depok, baca ketentuannya di : http://lombablogdepok.com atau di http://www.depok.go.id/21/07/2010/berita-foto/lomba-blog-depok

Terdapat 4 kategori: SMP, SMA, Ibu Rumah Tangga, dan Umum
Buat para ibu, silakan ikuti lomba ini ya..

Bila anda tidak tertarik, atau tidak berdomisli di Jawa Barat ajaklah rekan-rekan anda yang berdomisili di Jawa Barat untuk mengikuti lomba ini.