Grok-Grok-Grok-Grok

8:55 AM Dewi 0 Comments


Udah sekitar dua minggu ini aku perhatiin Martyr kalo bobo nafasnya suka bunyi grok-grok-grok-grok. Padahal Martyr gak sedang batuk atau pilek lho. Dan sehat banget. Martyr pun gak rewel atau ngerasa terganggu. Masih ceria dan petakilan selalu. Cuma kan kasian ngedengernya. Aku juga khawatir takut ada apa-apa.

So far treatment yang udah aku lakuin jemur Martyr sambil maen sepeda di depan rumah. Kalo mandi digosokin minyak kayu putih atau telon. Dan waktu bobo juga digosokin minyak biar anget-anget. Tapi kayaknya belum ada perkembangan berarti.

Pertama aku browse di milis andalan, milis sehat dan asiforbaby, dengan keyword "grok" dan "napas bunyi". Hasilnya banyak banget dan rata-rata karena batuk pilek, jadi gak sesuai dengan kondisi Martyr. Sekalian aja aku sharing di dua milis tersebut. Kali aja ada yang butuh info yang sama. Alhamdulillah banyak dapet respon dan masukan yang bagus banget.

Keturunan alergi dingin atau debu
Nah, ini dia. Kebetulan aku sendiri alergi dua itu, dingin dan debu. Bersih-bersih dikit langsung deh hatsyim... Kalo pagi juga hatsyim... Malah waktu SD keadaan lebih parah lagi, nonstop bersin-bersin sampe matahari naek sekitar jam 8 pagi. Makanya sampe sekarang pun slalu mandi pagi dengan aer anget. Cuma emang makin gede keadaan makin membaik, alerginya udah mulai berkurang walau emang belum total hilang. Sembuh sendiri, gak pake obat. Kan kalo alergi tidak perlu obat cuma hindari pencetusnya aja.

Keturunan ngorok
Skip. Yang ini baik mama atau papa Martyr gak ada yang ngorok. Kecuali kalo kecapean banget. Tapi itu masih wajar kan? dan bukan penyakit yang bisa menurun.

Makanan baru
Hmmm... diinget-inget, gak ada makanan yang baru dikenalin ke Martyr. Martyr udah banyak kenal makanan sejak 9 bulan. Ditambah lagi mamanya kurang kreatif soal masakan, jadi makanannya berputar disitu-situ aja. Dengan variasi tentunya.

Susu baru, susunya gak cocok
Selain asi, sejak umur setahun Martyr emang udah dikenalin sama UHT. Tapi itu juga dikit banget. Pernah dibotolin 50ml aja gak abis, akhirnya mamanya yang ngabisin. Selama ini masih didominasi ASIP. Bukan brarti Martyr gak suka susu sih, tapi karena Martyr udah kenyang. Ditawarin susu UHT-nya emang sengaja kalo udah makan. Takut jadi gak mau makan, kalo udah kenyang susu dulu. Padahal susu untuk anak usia 1 tahun kan cuma tambahan.

Pakai bedak powder
Dari sejak hamil aku udah baca artikel kalo baby emang gak baik dikasih bedak. Karena partikelnya bila terhirup bisa membahayakan paru-paru bayi. Jadi skip juga untuk yang satu ini, karena Martyr gak pake bedak-bedakan apalagi bedak powder secara intense. Pernah sih sesekali dibedakin kalo abis dilap badannya karena gerah siang-siang. Tapi gak banyak dan gak bikin napas grok-grok.

Kebersihan kamar
Musti sering-sering bersihin kamar. Seprei ganti seminggu sekali, sering-sering cuci gordyn, jangan numpuk pakaian di kamar, kalau pake AC seminggu sekali filter dibersihin dan 3 bulan sekali diservice. Wah, ini mungkin yah penyebab utamanya. Sprei dan baju udah diganti dan dibersihin smua. Tinggal AC dan gordyn nih. Emang udah niat banget ganti gordyn, malah mau beli yang baru. Dan AC juga waktunya untuk di service. Tugas buat weekend nih. Ayo semangat!!! Demi Martyr tersayang...

Tku so much buat semua yang udah sharing...

0 comments: